Bab 11 Peranan Koperasi


NAMA:ANDRI WIJAYA

KELAS:3EB09/PENGULANGAN KELAS DI 2EB10

NPM:20210753

MATEK:EKONOMI KOPERASI
Peranan Koperasi di berbagai keadaan persaingan :
1.     Di Pasar Persaingan Sempurna
Peranan koperasi dalam persaingan empurna (perfect competitivemarket)
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
·         Adanya penjul dan pembeli yang sangat banyak
·         Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
·         Perusahan bebas untuk masuk dan keluar
·         Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna
2.     Di Pasar Monopolistik
Koperasi dalam pasar monopolistik, ciri-cirinya :
·         Banyak penjual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
·         Produk yang dihasilkan tidak homogen
·         Ada produk substitusinya
·         Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
·         Harga produk tidak sama di semua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya
3.     Di Pasar Monopsoni
Monopsoni adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar.
komoditas.Kondisi Monopsoni sering terjadi didaerah-daerah Perkebunan dan industri hewan potong (ayam), sehingga posisi tawar menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen. Salah satu contoh monopsoni juga adalah penjualan perangkat kereta api di Indonesia. Perusahaan Kereta Api di Indonesia hanya ada satu yakni KAI, oleh karena itu, semua hasil produksi hanya akan dibeli oleh KAI.
Apabila seorang pengusaha membeli suatu factor produksi secara bersaing sempurna dengan pengusaha lain,maka ia secara perorangan tidak bisa mempengaruhi harga dari factor produksi itu.
4.     Di Pasar Oligopoli
Oligopoli adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan (penjual) yang menguasai pasar
Dua strategi dasar untuk koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga.
SUMBER :
Previous
Next Post »